Kamis, 14 Februari 2013

Sekilas Tentang Kabupaten Wonogiri

1) Keadaan Alam Kabupaten Wonogiri




Kondisi Geografi

Kabupaten Wonogiri terletak pada 7º 32’ – 8º 15’ Lintang selatan dan Garis Bujur 110º 41’ – 111º 18’ Bujur Timur. Posisi Kabupaten Wonogiri sangat strategis karena terletak di ujung selatan Propinsi Jawa Tengah dan diapit oleh Propinsi Jawa Timur dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas wilayah Kabupaten Wonogiri adalah 182.236,02 ha. Secara administratif terbagi menjadi 25 Kecamatan, 43 Kelurahan dan 251 Desa.


Kondisi alamnya sebagian besar berupa pegunungan berbatu gamping, terutama di bagian selatan, yang termasuk jajaran Pegunungan Seribu dan merupakan mata air dari Bengawan Solo. Sedangkan batas wilayah Kabupaten Wonogiri dengan daerah lainnya adalah sebagai berikut :
  • Sebelah Selatan  : Berbatasan dengan Kabupaten Pacitan (JawaTimur) dan Samudera Indonesia
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah)
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Ponorogo (Jawa Timur)
  • Sebelah Barat  : Berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta
Secara topografis, sebagian besar wilayah Kabupaten Wonogiri merupakan dataran rendah dengan ketinggian antara 100-300 meter di atas permukaan air laut (dpl). Sedangkan sebagian lagi merupakan dataran tinggi yaitu berada pada 500 m atau lebih dari permukaan air laut. Wilayah ini meliputi Kecamatan Jatiroto dan Karangtengah. 

Fisiografi wilayah Kabupaten Wonogiri sebagian besar berupa perbukitan bergelombang. Sedangkan fisiografi dataran sangat terbatas hanya di beberapa tempat terutama pada bentuk lahan aluvial.


2) Iklim dan Curah Hujan


Kondisi iklim di Kabupaten Wonogiri termasuk tipe tropis atau memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Pergantian musim berlangsung sepanjang tahun dengan temperatur suhu udara rata-rata 24o –32o C. 

Curah hujan di Kabupaten Wonogiri rata-rata berkisar antara 1.557-2.476 mm/ tahun dengan hari hujan antara 107-153 hari/tahun.


Jarak Kota Wonogiri dengan Kota sekitar :
  • Kota Surakarta : 32 Km
  • Kabupaten Sukoharjo : 17 Km
  • Kabupaten Klaten : 67 Km
  • Kabupaten Boyolali : 55 Km
  • Kabupaten Sragen : 49 Km
  • Kabupaten Karanganyar : 49 Km
  • Kota Semarang : 133 Km
Untuk mendukung mewujudkan penerapan e-goverment dan mempermudah akses masyarakat luas akan informasi, Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah meluncurkan website “www.wonogirikab.go.id” yang berisi segala informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Wonogiri.

Artikel lainnya :

3 komentar:

  1. maaf kalo boleh tau ini sumbernya dari mana ya? soalnya saya buka website wonogirikab lagi under construction, terimakasih

    BalasHapus
  2. Sumber Buku Pintar Kabupaten Wonogiri Terbitan Tahun 2012. Kalau mau buku itu bisa ke Bagian Humas Setda Kabupaten Wonogiri.

    BalasHapus
  3. jangan lupa kalo ke wonogiri main ke purwantoro , ada kebun wisata buah surga , silahkan follow instagram @oto_uchida_nursery

    BalasHapus