Senin, 03 Oktober 2016

PANTAI-PANTAI PALING INDAH DI KABUPATEN WONOGIRI : PANTAI SEMBUKAN

pantai sembukan
Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri



Pantai Sembukan merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Pantai ini memiliki nilai historis yang erat kaitannya dengan legenda kerajaan laut selatan. Lokasi Pantai Sembukan di Dusun Sembukan Desa Paranggupito berjarak dari Kota Wonogiri kurang lebih 75 Km dengan akses jalan yang bisa di lewati kendaraan roda empat hingga sampai lokasi wisata.

Keindahan Pantai Sembukan berupa panorama himpitan dua bukit karang dipadu cekungan pantai berpasir putih. Relief batuan karst dan deburan ombak pantai selatan menciptakan suasana magis bagi pengunjung Pantai Sembukan.
Mungkin karena suasana ini pula, di kawasan wisata ini sejak ratusan tahun yang lalu dipilih oleh pembesar kerajaan di Surakarta untuk melakukan ritual Labuhan yang bertujuan menjalin komunikasi dengan Penguasa Laut Selatan. Ritual yang dilaksanakan menjelang pergantian tahun baru atau bulan Muharam (Jawa : Suro) ini masih dilestarikan oleh warga setempat hingga sekarang.

Di perbukitan sekitar Pantai Sembukan telah dibangun akses jalan berundak yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati Pantai Sembukan dengan berbagai sudut pandang. Bagi pecinta Fotografi Pantai Sembukan sangat menantang untuk diabadikan dalam jepretan kamera.
Tertarik untuk datang ke Pantai Sembukan....? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!

Lihat videonya di bawah : 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar