Selasa, 31 Januari 2017

Pengobatan Herbal Ala Wonogiri "Kunyit, rimpang yang berkhasiat" Resep Yu Noer Johar Manis


kunir
Tanaman Obat Keluarga Kunyit (Curcuma Longa Linn)

Semenjak dahulu, kunyit (Curcuma longa Linn. Atau Curcuma domestica) (Jawa : kunir), menjadi salah satu tanaman obat yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk mengobati penyakit. Kunyit merupakan bahan alami yang mudah didapat dan murah yang biasa dijadika bumbu masakan dengan warna dan aroma yang khas. Kunyit juga telah dikenal memiliki berbagai macam khasiat dan dapat dijadikan bahan obat dalam berbagai pengobatan tradisional.


Berikut beberapa resep obat tradisional yang menggunakan kunyit :

  1. Untuk diabetes mellitus, ambil 3 rimpang kunyit, ½ sendok teh garam, dan 1 liter air. Kunyit dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil. Rebus dengan air, dinginkan lalu minum 2 kali sehari sebanyak ½ gelas saja. Lakukan berturut-turut sampai sekitar 20 hari. 
  2. Untuk tifus, ambil 2 rimpang kunyit, 1 batang serai, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 gelas air hangat yang telah dimasak sebelumnya. Setelah dicuci bersih, tumbuk semua bahan sampai halus. Tambahkan air hangat satu gelas, lalu disaring. Dinginkan, lalu diminum. Lakukan selama 1 minggu berturut-turut.
  3. Untuk keputihan, ambil 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 buah asam, 1 potong gula jawa/ gula aren, dan 1 liter air. Semua bahan dicuci bersih lalu, potong kunyit kecil-kecil dan semua bahan direbus, tambahkan gula jawa/ gula aren. Biarkan hangat / dingin, lalu minum 1 gelas sehari selama 10 hari berturut-turut.

Dengan mengonsumsi ramuan yang berbahan kunyit, anda juga akan merasakan khasiat dengan membaiknya pencernaan, membersihkan ginjal, dan bagi kaum wanita dapat membantu memperbaiki siklus haid/ menstruasi. Selamat mencoba. (Sumber : Majalah Gema Wonogiri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar