Monday, February 18, 2013

Obyek Wisata Kabupaten Wonogiri

Kabupaten Wonogiri kaya akan potensi obyek wisata alam, mulai dari panorama alam pantai yang sangat indah, kawasan hutan lindung yang sejuk dan menyegarkan, pemandangan indah Waduk Serba Guna Gajahmungkur Wonogiri, hingga goa-goa kawasan karst yang membentang luas di wilayah Wonogiri bagian barat hingga selatan.

Berbagai tempat potensial untuk wisata ini belum semuanya dikelola secara maksimal. Dibutuhkan sebuah kerjasama yang baik, sinergis dan berkelanjutan dari semua pihak agar potensi ini berkembang menjadi obyek wisata andalan.

Berikut adalah beberapa Obyek Wisata andalan yang ada di Kabupaten Wonogiri :

1) Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Terletak sekitar 7 km di sebelah selatan Kota Wonogiri. Tempat wisata ini menyajikan perpaduan wisata air, permainan anak, dan pergelaran budaya tradisional dan musik.
Keindahan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Akses jalan dan sarana transportasi yang mendukung obyek wisata ini sangat mudah dan murah. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Kota Wonogiri para pengunjung dapat langsung sampai ke tempat wisata ini. Bagi para pengunjung dari luar daerah di sekitar obyek wisata sudah banyak didirikan hotel dan tempat penginapan yang nyaman dengan tarif yang terjangkau.

Fasilitas yang disediakan antara lain taman satwa langka, kolam renang, arena mainan anak, kereta kelinci, mengendarai gajah jinak, tempat ibadah, toilet, tempat parkir, perahu boat, sepeda air, sarana olahraga paralayang, panggung hiburan dan wisata kuliner berupa rumah makan terapung yang menyediakan menu masakan khas nila bakar.


2) Water Boom Gajah Mungkur Wonogiri
Water Boom Gajah Mungkur

Satu lagi wahana rekreasi di kompleks obyek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur yang sangat ideal sebagai tempat liburan keluarga. Waterboom memiliki berbagai sarana permainan air lengkap, mulai dari kolam ember tumpah untuk anak-anak, kolam seluncur anak, tempat pemancingan, dan gazebo.

Arena seluncur Water Boom Gajah Mungkur Wonogiri

Selain itu, dilengkapi sarana penunjang lainnya berupa sewa ban, pakaian renang, playground, butik, merchandise shop, dan oleh-oleh khas Wonogiri.

Fasilitas umum yang ditujukan bagi pengunjung antara lain mushola, restoran, kamar bilas, kamar ganti, toilet bersih dan nyaman, bahkan panggung terbuka untuk berbagai event keluarga. Dengan harga tiket yang terjangkau, Waterboom Gajah Mungkur Wonogiri pantas menjadi lokasi liburan favorit sekeluarga.

3) Pantai Sembukan

Pantai Sembukan terletak di Kecamatan Paranggupito dengan jarak tempuh dari Kota Wonogiri sekitar 60 Km atau sekitar dua jam perjalanan. Akses jalan menuju tempat wisata ini cukup baik, namun dibutuhkan kewaspadaan karena berupa kelokan dan tanjakan yang curam.

Pantai Sembukan merupakan obyek wisata ritual yang dilengkapi dengan sarana ibadah antara lain masjid, paseban, dan sanggar.

Berbagai event budaya digelar untuk menambah daya tarik pengunjung antara lain Labuhan Ageng Pantai Sembukan. Keindahan Pantai Sembukan terletak pada panorama alam pantai yang indah dengan dinding batu karang terjal dan hamparan bukit-bukit kars.

4) Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Di bukit Desa Sendang terdapat arena peluncuran bagi olahraga gantole dan paralayang. Tempatnya sangat nyaman dan cocok mengingat letaknya mudah dijangkau kendaraan roda empat dan tempat pendaratan yang luas sangat jelas dari tempat peluncuran.

Papan luncur ini merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta olahraga gantole dan para layang di Jawa Tengah. Berbagai event kejuaraan tingkat daerah, nasional dan internasional pernah diadakan di tempat ini. Terdapat dua tingkat ketinggian yaitu 200 meter dan 400 meter sehingga memberikan pilihan bagi atlit gantole untuk melakukan aksinya.

5) Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan terletak di tenggara Kota Wonogiri tepatnya di Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo dengan jarak 50 Km. Akses jalan menuju ke tempat ini sangat baik dan mudah.

Kahyangan konon merupakan tempat petilasan Raja Mataram dalam melakukan tirakat atau meditasi. Di tempat inilah Danang Suto Wijoyo mendapatkan wahyu dan mengadakan perjanjian dengan Ratu Kidul untuk bersama-sama membangun kerajaan di tanah Jawa.

Suasana di obyek wisata ini memang terasa sakral dengan gemericik air sungai yang mengalir. Di tempat inilah para pengunjung melakukan meditasi atau sekedar beristirahat sambil merenung dan melepaskan kepenatan rutinitas yang sangat membosankan. Kahyangan juga dilengkapi dengan sarana ibadah, toilet dan tempat pembelian aneka souvenir berupan benda-benda bertuah dari kayu, batu mulia, dan benda bertuah lainnya.

6) Sendang Siwani

Obyek Wisata Sendang Siwani berada di Desa Singodutan Kecamatan Selogiri atau terletak di sebelah utara Kota Wonogiri dengan jarak sekitar 6 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Sendang Siwani merupakan obyek wisata budaya tempat petilasan KGPAA Mangkunegoro I dalam melakukan perang gerilya melawan penjajah Belanda.

Konon di sendang inilah Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegoro I mendapatkan wahyu setelah melakukan tirakat kepada Tuhan Sang Pencipta. Dan sampai sekarang kebanyakan pengunjung yang datang ke Sendang Siwani untuk melakukan meditasi atau tirakat agar tercapai keinginanannya.

7) Wisata Alam Setren Girimanik

Obyek Wisata Setren Girimanik terletak di Kecamatan Slogohimo dengan jarak sekitar 40 Km dari Kota Wonogiri. Akses jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah dan lancar dengan dukungan sarana angkutan umum yang memadai. Obyek Wisata Setren Girimanik merupakan tempat wisata alam dengan suasana sejuk dan didukung panorama alam pegunungan yang indah. Selain pemandangan pepohonan hutan yang hijau dan lebat, Obyek Wisata Setren Girimanik juga terdapat air terjun tiga tingkat yaitu Air Terjun Tejo Moyo, Manik Moyo dan Condro Moyo.

Di tempat wisata ini juga terdapat tempat petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan sebutan Batu Besi. Tempat petilasan yang lain adalah Sendang Drajat yang dipercaya mengandung aura kewibawaan yang konon merupakan pemandian Raden Mas Said.

Sendang Nglambreh yang konon dipercaya berkhasiat agar kelihatan lebih cantik dan awet muda bagi siapa saja yang mandi di Sendang ini. Sendang Kanestren bagi muda-mudi yang merindukan pasangan. Dan yang terakhir adalah Pertapaan Girimanik. Tempat yang sakral ini merupakan sebuah bukit yang digunakan untuk bertapa Raden Mas Said. Konon Batu Pertapa yang ada, pernah menjadi sarana meditasi Raja Airlangga dan sampai sekarang tempat ini masih sering digunakan untuk melakukan meditasi.

8) Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono terletak di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro atau berjarak 40 Km dari Kota Wonogiri. Tempat ini memiliki keindahan berupa keindahan stalagtit dan stalagmit. Sarana pendukung antara lain tempat parkir, sarana ibadah dan toilet.

Dengan tiket masuk yang murah para pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama khas Goa Putri Kencono yang mempunyai luas kurang lebih 1.000 m2.

9) Pantai Nampu

Pantai Nampu terletak di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito yang berjarak kurang lebih 60 Km dari Kota Wonogiri. Tempat wisata ini memiliki kelebihan berupa panorama alam pantai dengan hamparan pasir putih membentang serta ombak yang cukup besar. Pantai Nampu sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan laut dan sangat potensial bagi olahraga air seperti selancar.

10) Goa Maria

Goa Maria terletak di Dusun Ngampohan Kecamatan Giriwoyo dengan jarak tempuh dari Kota Wonogiri sekitar 50 Km. Goa Maria merupakan obyek wisata spiritual bagi umat Kristiani yang ingin melakukan perenungan diri dan memanjatkan doa.

Disamping Goa ini terdapat sebuah sendang yang konon dipercaya mempunyai berbagai khasiat. Pada hari-hari tertentu banyak umat Kristen yang datang, dan sebagian besar berasal dari luar daerah Wonogiri untuk meanjatkan doa dan mengambil air suci.

11) Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia terletak di Kecamatan Wuryantoro atau sebelah barat daya Kota Wonogiri. Museum ini dibangun untuk memberikan pemahaman, pengenalan dan melestarikan seni Wayang yang adiluhur kepada masyarakat luas.

Tempat wisata ini merupakan satu diantara dua Museum serupa yang ada di Indonesia. Di Museum ini dapat dijumpai dan disaksikan bermacam bentuk dan jenis wayang mulai dari wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng, dan lain sebagainya.

Museum yang menempati bangunan pendopo Pak Bei Tani, yang merupakan tempat Soeharto muda (Presiden kedua Republik Indonesia) menghabiskan masa remajanya, merupakan jembatan yang menghubungkan budaya adiluhung bangsa dengan generasi penerus yang memiliki apresiasi khusus terhadap wayang. Keanekaragaman jenis wayang yang ditampilkan diharapkan mampu menjadi media pembelajaran luar kelas bagi pelajar dan mahasiswa.

12) Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia terletak di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro, atau 38 km arah selatan Kota Wonogiri. Museum ini dibangun dengan tujuan menyediakan informasi tentang kawasan karst kepada semua pihak untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata yang bersifat edukatif, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

Kawasan karst di Kabupaten Wonogiri merupakan bagian dari kawasan karst pegunungan seribu (Gunung Sewu) yang meliputi Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan.

Museum Karst dikelilingi oleh beberapa situs Goa dan luweng antara lain Goa Tembus, Goa Sodong, Goa Potro-Bunder, Luweng Sapen, Goa Gilap, Goa Mrica dan Goa Sonya Ruri.


13) AIR TERJUN WATU JADAH

Obyek wisata ini terletak di tanah milik perhutani, blok Perhutani Plalar, Dusun Grenjeng Desa Girimulyo. Jarak dari kota Kecamatan Jatipurno ke lokasi sekitar 13 km atau 43 km dari Kota Wonogiri. Akses jalan cukup memadai yang dapat dilalui dengan kendaraan roda 4 sampai pada pintu gerbang menuju air terjun Binangun Watu Jadah.

Watu Jadah menyuguhkan panorama alam hutan lindung yang masih asri dipadu dengan air terjun alami yang dihiasi ornamen alam bebatuan lapis yang bertumpuk. Jika diamati akan nampak seperti jadah (makanan dari ketan) sehingga dinamakan Watu Jadah.

Obyek ini sangat tepat sebagai tempat rekreasi bagi para pecinta alam, para kawula muda, atau siapa saja yang ingin mencari kesejukan dan ketenangan menyatu dengan alam.


14) AIR TERJUN KEDUNG TURUK

Obyek wisata ini terletak di Desa Keloran Kecamatan Selogiri, sekitar 7 km dari Kecamatan Selogiri, atau sekitar 12 km dari Kota Wonogiri. Air Terjun sembilan tingkat akan menyambut para pengunjung setelah menempuh perjalanan melalui jalan setapak dan menyusuri sungai berair jernih sekitar 50 menit.

Sangat sesuai bagi anak muda yang menyukai tantangan dan alam petualangan yang masih asli dan belum sepenuhnya tersentuh keramaian kehidupan moderen.

1 comment:

  1. ternyata banyak juga ya tempat wisata yang ada di wonogiri

    ini rekomendasi buat kamu yang ingin berlibur ke Dieng Plateau :)
    Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete