Tuesday, September 27, 2016

ANDA PNS PEMKAB WONOGIRI DAN MEMILIKI MASALAH? JANGAN KHAWATIR ADA LAYANAN PSIKOLOGI DI BKD KABUPATEN WONOGIRI

PNS Wonogiri
PNS Kabupaten Wonogiri


Mendengar kata psikologi yang terbayang dalam benak kita sebagian besar adalah gangguan kejiwaan. Orang dengan masalah gangguan jiwa akan dianggap sebagai orang gila, nah itulah anggapan kita selama ini tentang psikologi. 
Menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Dengan kata lain, psikologi tidak hanya tentang gangguan jiwa atau gila akan tetapi segala aspek yang menyangkut kondisi kejiwaan seseorang dalam menghadapi permasalahan sehari-hari.
Jika dirunut lebih jauh, permasalahan kita sebagai manusia tak terkecuali yang bekerja sebagagi PNS begitu kompleks, tidak hanya urusan pekerjaan, ada masalah keluarga, ekonomi, hubungan dengan seseorang, kondisi tempat kerja, beban tugas yang berat, hambatan karir, tekanan dari atasan dan anak buah, dan masih banyak lagi.
Melihat selama ini permasalahan psikologi para PNS belum ada yang menangani karena berbagai sebab maka mulai dari tahun 2007 yang lalu sebenarnya telah dirintis layanan gratis psikologis bagi para PNS. Layanan ini bersifat personal yang utamanya berkaitan erat dengan permasalahan psikologis yang dialami PNS yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri meliputi urusan kepegawaian khususnya pengembangan karir, masalah rumah tangga baik dengan anak, istri atau suami, ekonomi, sosial, serta pengembangan diri dan potensi.
Kebanyakan orang yang memiliki masalah psikologis akan memendam masalah ini karena malu jika sampai diketahui oleh orang lain, maka layanan yang diberikan lebih banyak menggunakan metode  tanpa tatap muka maupun online sehingga identitas orang yang berkonsultasi dapat terjamin kerahasiaannya. Selian rasa aman dan nyaman layanan psikologis ini lebih mudah, murah, bebas dari pandangan persepsi klien, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Menurut Ilham Wahyudi, S.Psi, Psi, yang didaulat sebagai satu-satunya psikolog yang mengampu tugas ini mengungkapkan bahwa untuk layanan konseling pribadi, meliputi pekerjaan, keluarga yang dilakukan berupa komunikasi antara konselor ( Pemberi konsultasi ) dan klien ( yang berkonsultasi ) dengan mengungkap kesedaran diri, pengalaman rasa hati yang terpendam. Klien dapat menilai diri dengan segala kekuatan, kelemahan, emosi, pemikiran dan tingkah lakunya. “Sedangkan khusus tes psikologi ditujukan bagi mereka yang ingin mengetahui secara lebih jelas tentang bakat minat, kepribadian, potensi klien atau gangguan klinis atau sebagai rujukan psikiater jika klien memerlukan penanganan psikiater” tandasnya.
Untuk psikoterapi dilakukan guna membantu klien agar lebih ringan mengatasi masalahnya. Contoh terapi katarsis dimana klien meluapkan segala desakan rasa hatinya hingga beban dihati berkurang. Terapi relaksasi dimana klien diajak dibawa kesuasana tentram. Hipnoterapi memasukan pendekatan dengan membawa klien di alam bawah sadar.
Sampai saat ini sudah tersedia layanan via internet yaitu facebook di ww.facebook.com/psikologbkd, website http://psikologbkd.blogspot.co.id, yahoomasanger, twittter, email:Psikologbkd@gmail.com, telephon ( 0273 ) 321002 pesawat 2018. Selain itu jika dirasa sangat penting maka  layanan psikologi ini juga dapat  melayani tatap muka langsung dengan mendatangi BKD Kabupaten Wonogiri.




No comments:

Post a Comment