Jumat, 16 Agustus 2019

5 TEMPAT WISATA WONOGIRI YANG KEREN UNTUK LIBURAN


5 Tempat Wisata Wonogiri Yang Keren Untuk Liburan


1. OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI


Obyek wisata Waduk Gajah Mungkur adalah satu ikon wisata milik Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang masih keren untuk dikunjungi. Sebagai salah satu obyek wisata yang sudah berpengalaman, terus berbenah menambah keindahan dan daya tarik wisatanya. Dengan keunggulan lokasi yang dekat dengan Kota Wonogiri menjadikan tempat wisata ini begitu favorit untuk dijadikan alternatif liburan keluarga.


Saat ini Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri telah dilengkapi berbagai wahana batu yaitu Taman Bunga Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Taman Satwa Mini, Arena Perahu Boat, Kawasan Kuliner dan CInderamata.


Salah satu wahana baru yang ditawarkan kepada pengunjung yang berwisata di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Taman Bunga ini dihiasi dengan aneka tanaman bunga yang beraneka warna lengkap dengan spot selfie berupa hiasan payung gantung serta ornamen lainnya. Dengan tiket masuk hanya Rp. 5.000,- per orang, pengunjung dapat menikmati suasana taman bunga dengan latar belakang pemandagan indah Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. 

2. SOKO LANGIT


Satu lagi wisata alam di Kabupaten Wonogiri yang lagi viral, Soko Langit. Wisata ini terletak di Dusun Nglarang Desa Conto Kecamatan Bulukerto. Jarak dari Kota Wonogiri kurang lebih 35 Km arah timur laut. Dengan kendaraan mobil dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam. Soko Langit memiliki ketinggian 1.000 dpl sehingga suasana udara di tempat ini cukup sejuk. 

Soko Langit mempunyai wahana utama berupa kolam renang sambil menikmati hamparan alam dari atas perbukitan. Kolam renang cukup lengkap untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, ada juga wahana flying fox, menara pandang dan taman bunga. 


Dengan harga tiket masuh yang cukup terjangkau menjadikan Soko Langit sebagai alternatif tempat wisata bagi keluarga.

3. WATU CENIK 

Watu Cenik, merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan pesona alam Kabupaten Wonogiri dari atas bukit. Dengan bentang alam yang beragam, dari hamparan perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri berpadu dengan eloknya perbukitan seakan memanjakan mata memandang. 

Watu Cenik terletak di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri atau perjalanan 15 menit dari Kota Wonogiri satu arah dengan lokasi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. 

Akses jalan cukup memadai dapat ditempuh dengan kendaraan mobil maupun sepeda motor. Namun diharapkan pengunjung dapat lebih berhati-hati menuju tempat wisata ini karena medan yang cukup sulit dan menanjak. 

Bagi yang pehobi selfi, Watu Cenik terdapat banyak spot selfie yang 'Instagramable' diantaranya adalah :

Tulisan Watu Cenik yang tepat berada diatas bukit. Dengan paduan warna tulisan merah dan kuning sangat kontras sehingga mampu menampilkan paduan warna pada foto yang cerah.
Bekas Landasan Pacu Ganthole. Ditempat ini kamu dapat beraksi dengan beckground hamparan alam Wonogiri yang indah.
Balon Udara. Tempat Selfie ini menawarkan foto sensasi seakan menaiki balon udara. Woow unik! 

4. WISATA HUTAN SEPER JATIPURNO

Wisata alam ini terletak di area hutan perhutani di kelurahan Balepanjang kecamatan Jatipurno kabupaten Wonogiri. Di tempat ini menyajikan pemandangan alam berupa hutan pohon cemara atau pinus dengan suasana yang sangat sejuk. Area wisata utama sudah dipoles menjadi taman bunga aneka warna dengan konfigurasi berbentuk gunungan wayang.

Berdasarkan informasi dari Ketua Masyarakat Desa Hutan Wonoasri, Maryadi bahwa Wisata alam Wonoasri sudah dilengkapi dengan wahana cukup lengkap, mulai dari area berkuda, kereta kelinci, gardu pandang, flying fox, mushola, camping ground, dan area hiburan. 

"Ke depan kami akan mengembangkan wisata ini untuk dilengkapi wahana lain seperti kebun strowberry, rumah payung, miniatur Indonesia, taman Jawa, dan wahana lainnya" jelasnya.
Untuk mencapai ke wisata Wonoasri cukup mudah dengan akses jalan raya yang bisa dilalui kendaraan roda empat sampai di lokasi. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri kurang lebih 60 km dengan memakan waktu perjalanan 60 menit. 

Dengan harga tiket masuk cukup terjangkau kita dapat menikmati suasana berlibur di alam terbuka bersama keluarga.

5. PANTAI NAMPU 

Pantai Nampu menyajikan keindahan alam berupa hamparan pasir putih memanjang dipadu deburan ombak khas pantai selatan. Hembusan angin laut menambah suasana Pantai ini semakin mempesona. Pantai Nampu terletak di ujung paling timur kawasan Pantai di Kabupaten Wonogiri tepatnya di Dusun Dringo Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Akses menuju Pantai Nampu sangat mudah. Jarak dari Kota Wonogiri kurang lebih sejauh 75 km dengan akses jalan kendaraan roda empat sampai di tujuan. 

Di kawasan wisata Pantai Nampu pengunjung akan disuguhi pemandangan alam sangat indah, berupa paduan tebing karst dan deburan ombak yang begitu mempesona. Kepenatan dalam melaksanakan tugas keseharian kita akan sirna begitu tiba di Pantai Nampu.
Bagi pengunjung yang ingin membawa cinderamata khas Paranggupito dapat singgah di kios – kios yang terdapat di sekitar kawasan wisata.


Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar