Minggu, 01 Desember 2019

MISTERI GUNUNG PEGAT WONOGIRI

Gunung Pegat Wonogiri 

Banyak sekali tempat misterius yang ada di Kabupaten Wonogiri. Sebagian besar berupa petilasan tokoh yang dikenal memiliki kesaktian. Ada juga tempat yang memang dikenal angker dengan bumbu cerita mitos.  Selain itu, faktanya sebagian masyarakat sangat percaya alam gaib itu ada. 

Salah satu tempat yang dipercaya memiliki nuansa magis adalah Gunung Pegat Wonogiri. Lokasinya  di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi.  Tempat ini berupa dua bukit yang dipisahkan karena proses pembanguan jalan raya Wonogiri - Pacitan pada tahun 1967-an. Jalan ini merupakan pengalihan jalur utama karena proses pembangunan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Dari mitos yang berkembang, Gunung Pegat Wonogiri pantang dilewati oleh calon pengantin dan pengantin yang belum berumur 35 hari. Jika hal ini dilakukan ada sebagian masyarakat yang percaya akan terjadi hal buruk menimpa rumah tangga calon pengantin atau pengantin baru. Untuk menghindari aura buruk tempat ini, masyarakat memilih menghindari jalur ini. Alternatif jalur yaitu melalui jalur Gebang - Ngadiroyo maupun melewati jalur Beji tembus Ngadipiro Nguntoronadi. 

Mitos Gunung Pegat yang misterius menurut berbagai sumber, dikisahkan pada jaman dahulu ada sesosok makhluk penunggu yang bernama Mbah Glondor. Konon ceritanya, penunggu disini tidak senang melihat pasangan pengantin baru yang berbahagia, Ia meninggal dalam keadaan sengsara sehingga selalu mengganggu orang yang berbahagia yang melewati wilayahnya. 

Ada juga, mitos lainnya yaitu kisah pertapaan Putra Kanjeng Jombang di Gunung Pegat. Pada saat itu, ia berubah menjadi ular yang sangat besar. Apes, masyarakat yang mengetahui keberadaan sang ular jelmaan menangkap dan mengulitinya. Sang ular jelmaan marah dan mengutuk setiap pengantin baru yang melewati Gunung Pegat Wonogiri. Untuk menolak kutukan, ada beberapa masyarakat percaya dengan melepas ayam cemani yang berwarna hitam. 

Hingga kini kebenaran mitos ini masih menjadi misteri. Ada beberapa masyarakat lebih memilih jalan aman dengan tidak melewati ketika punya hajat menjadi pengantin baru. Wallahu A'lam bish shawab.

Penasaran keberadaan Gunung Pegat Wonogiri? Ayo rame-rame neng Wonogiri!


 

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus