Minggu, 02 April 2023

TRADISI INGKUNGAN MALAM SELIKURAN RAMADAN

Malam selikuran merupakan tradisi unik yang digelar dalam rangka menyambut datangnya lailatulqadardi Keraton Surakarta. Bagi umat Islam, lailatur qadar adalah momen yang dinantikan saat berpuasa karena disebut lebih mulia dari seribu bulan, yang jatuh pada malam-malam ganjil di 20 hari terakhir bulan Ramadan.

Tradisi Malam Selikuran digelar pada 20 Ramadan atau malam 21 Ramadan setiap tahunnya. Awalnya, ritual ini dikembangkan oleh Sultan Agung. Namun dalam perjalanannya sempat mengalami pasang surut. Di masa pemerintahan Pakubuwana IX, tradisi ini dihidupkan kembali dan mengalami puncaknya di masa Pakubuwana X.

Saat itu malam selikuran dilakukan dengan mengarak tumpeng yang diiringi lampu ting atau pelita dari Keraton menuju Masjid Agung Surakarta. Lampu ting menjadi simbol dari obor yang dibawa para sahabat ketika menjemput Rasulullah SAW usai menerima wahyu di Jabal Nur.

Dalam malam selikuran, nasi tumpeng yang dibawa abdi dalem berjumlah seribu. Jumlah tersebut melambangkan pahala setara seribu bulan. Berisi nasi gurih yang dibentuk tumpeng kecil dan dilengkapi dengan kedelai hitam, rambak, mentimun, dan cabai hijau lalu dimasukkan ke dalam wadah dari besi dan kuningan. Kemudian nasi tumpeng yang diarak-arak oleh para abdi dalem ini didoakan oleh pemuka agama. Selepas prosesi tersebut, rombongan menuju titik terakhir di Taman Sriwedari.

Hingga saat ini, tradisi malam selikuran masih dilakukan. Hanya saja rute kirabnya dipersingkat sampai Masjid Agung saja.

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Wonogiri tradisi malam selikuran masih dipegang teguh sebagai salah satu tradisi. Di beberapa wilayah bahkan menyelenggaran ritual dengan menyajikan aneka masakan khas menu orang Jawa. Diantaranya membuat ingkung atau memasak ayam kampung utuh lengkap dengan nasi uduk yang gurih. 

Sajian ingkung dan nasi uduk nantinya akan dikumpulkan di rumah tetua adat untuk diberikan doa kemudian di bagi kepada seluruh warga kampung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar