Friday, February 15, 2013

SEMBOYAN KERJA WONOGIRI SUKSES

Semboyan/ motto kerja Kabupaten Wonogiri adalah “Wonogiri Sukses”. Semboyan ini mulai digunakan sejak tahun 1986 pada masa kepemimpinan Drs. Oemarsono sebagai Bupati Wonogiri. Dasar hukum semboyan kerja Wonogiri Sukses adalah Keputusan Bupati Wonogiri Nomor : 42 (a)  tanggal 1 Maret 1986 tentang Semboyan Kerja Kabupaten Daerah Tingkat II Wonogiri.

Penetapan motto Wonogiri Sukses didasari untuk menumbuhkan serta meningkatkan semangat bagi segenap aparatur dan seluruh rakyat Wonogiri dalam pembangunan. Oleh karena itu, motto Wonogiri Sukses hendaknya bukan hanya menjadi slogan semata, akan tetapi ditanamkan pada semua aparatur pemerintah dan masyarakat agar senang bekerja keras, bersemangat, dan berwatak kreatif dalam mencapai cita-cita.
Kata “Sukses” itu sendiri memiliki makna secara harafiah berarti berhasil. Semangat untuk menjadi sukses atau berhasil ini, diharapkan mengilhami setiap aparatur pemerintah agar apa yang menjadi tujuan atau target sasaran dapat tercapai dengan baik meskipun tantangan, rintangan, dan hambatan selalu menghadang.

Selain makna harafiah kata SUKSES dapat dijabarkan dalam uraian per huruf sebagai berikut :

S : Stabilitas yang mantab
Tanpa stabilitas pembangunan tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, stabilitas merupakan prakondisi guna mensukseskan program pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.

U : Undang-Undang / Peraturan yang mendasari kebijakan wajib dilaksanakan secara disiplin
Kedisiplinan dalam menjalankan setiap kebijakan yang berpijak pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sangat penting untuk menghindari benturan, pertentangan, dan ketidak tertiban dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

K : Koordinasi / Kompak
Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang semakin luas dan kompleks, sangat diperlukan kekompakan seluruh aparatur. Oleh karena itu, dengan koordinasi yang baik semua pihak maka apapun tugas dan kewajiban dapat terselesaikan dengan baik pula.

S : Sasaran yang tepat
Sasaran yang dicapai haruslah tepat dalam arti tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya, dan tepat manfaat. Sasaran ini adalah berupa hasil yang harus segera dicapai dalam setiap melaksanakan kegiatan pembangunan yang dipersembahkan untuk kesejahteraan rakyat banyak.

E : Evaluasi dan efisiensi untuk efektivitas
Seluruh kegiatan harus senantiasa diadakan evaluasi dan penerapan efisiensi untuk menuju efektivitas suatu program kerja. Hal ini sangat penting untuk menghindari penyimpangan yang menjauhkan dari target yang telah direncanakan.

S : Semangat juang berdedikasi
Segala kegiatan tanpa didasari oleh semangat untuk mengabdi tidak akan berhasil dengan baik. Spirit daya juang yang berdedikasi inilah yang akan memperkuat keyakinan menuju kesuksesan.





1 comment:

  1. Semboyan yang bagus mas, kebetulan saya juga pernah nulis lagu wonogiri sukses dengan pendekatan kunci sukses dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan mampir di blog saya ResanArts - Enam aspek kunci sukses

    ReplyDelete