Wednesday, February 1, 2017

Pengobatan Herbal Ala Wonogiri "Kenikir Memperbaiki Peredaran Darah" Resep Yu Noer Johar Manis


Kenikir Yang Berkhasiat

Kenikir, yang biasa dikonsumsi sebagai tanaman lalapan atau bahan pecel dan urap, juga memiliki khasiat obat yang berguna untuk kesehatan. Cosmus caudatus, nama latin kenikir, mempunyai kegunaan untuk memperbaiki peredaran atau sirkulasi darah, mencegah penuaan dini, penambah nafsu makan, dan penguat tulang karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Bau yang khas dari kenikir bisa untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap dan juga pengusir serangga.


Sebuah penelitian ilmiah menemukan tanaman kenikir mempunyai daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400 mg vitamin C per 100 gram bahan segar yang diteliti. Selain itu, ditemukan 4 senyawa kuersetin yang memang menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat, jika dibandingkan dengan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (vitamin E).Untuk mengoptimalkan manfaat kenikir, cukup dengan mengkonsumsi lebih kurang satu genggam daun kenikir baik mentah (untuk lalap), ataupun dikukus setiap harinya. 

Manfaat berlipat ganda kenikir akan diperoleh bila dikonsumsi bersama dengan sayur lain yang kaya antioksidan, yaitu daun kemangi, daun katu, atau daun beluntas.Sekali lagi, semua dedaunan berkhasiat tersebut, dapat dikonsumsi mentah sebagai lalapan, atau dikukus, dengan terlebih dahulu dicuci bersih untuk menghilangkan debu, atau kotoran lainnya.    


Kenikir sebagai pengusir serangga tanaman, dengan cara menanam kenikir di antara tanaman yang akan dilindungi dari serangan serangga.


Tradimedika kenikir, dengan cara sebagai berikut :

Kurang nafsu makan. Cuci 100 gr daun kenikir segar, dikonsumsi sebagai lalapan.

Lemah jantung. Cuci 100 gr daun kenikir segar, dikonsumsi sebagai lalapan setengah matang. Atau, rebus dengan 3 gelas air smpai mendidih. Sisakan air hingga sekitar 2 gelas. Minum hasil rebusannya sekali sehari. (Sumber : Majalah Gema Wonogiri)

No comments:

Post a Comment