Friday, June 9, 2017

BUPATI WONOGIRI JOKO SUTOPO : Program Nyata Menata Kembali Keindahan Kota Wonogiri

foto pendopo wonogiri
Foto Udara Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri (Tim Aerial Humas Wonogiri)


Kota Wonogiri sudah puluhan tahun nyaris tidak ada perubahan. Setelah era Bupati Wonogiri Drs. Oemarsono tidak ada lagi perubahan tampilan wajah Kota Wonogiri yang dapat dibanggakan. Mulai dari infrastruktur, gedung-gedung hingga taman – taman kota semua seakan luput dari perhatian kita semua.
Melihat kondisi ini, sejak dipimpin Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Edy Santosa telah menempatkan Program Keindahan Kota Wonogiri sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan. Kota Wonogiri biarpun terkendala lahan yang terbatas, kontur tanah yang berbukit tidak menjadikan satu halangan dalam menata dan menciptakan satu keindahan sebagai sebuah kota kecil.


Program Penataan Keindahan Kota Wonogiri diawali dari revitalisasi Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri dan telah selesai pada akhir tahun 2016. Dengan anggaran Rp. 1 milyar mampu mewujudkan satu perubahan yang dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Wonogiri. Suasana di sore hari di sekitar Alun-Alun Giri Krida Bakti begitu ‘hidup’ dengan keramaian aktifitas masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua untuk menikmati nyamannya Kota Wonogiri. Potensi berkumpulnya masyarakat Wonogiri dimanfaatkan oleh pedagang kali lima mencari nafkah. Dengan demikian terjadi pergerakan ekonomi masyarakat di level bawah.


Setelah revitalisasi Alun-Alun Giri Krida Bakti masih banyak taman kota yang akan mendapat sentuhan untuk diperindah. Pada tahun 2017, direncanakan dibangun Taman Air Mancur di Perempatan Ponten. Konsep yang ditawarkan adalah sebuah taman kecil dengan ornamen utama air mancur untuk menambah keindahan kota dan bukan untuk taman bermain. 
 
Taman Air Mancur Ponten Wonogiri






Rencana selanjutnya adalah pembangunan Taman Ir. Soekarno untuk revitalisasi Taman Eko Daya Wilaga yang sudah berumur lebih dari 30 tahun. Konsep yang ditawarkan adalah pembangunan patung Sang Proklamator Ir Soekarno menggantikan Tugu Parasamya Nugraha. Sedang tampilan pohon dan taman  akan dipercantik. Selain nantinya semakin nyaman sebagai tempat nongkrong keluarga juga media pendidikan sejarah bangsa kepada generasi muda.

Taman Ir. Soekarno Wonogiri
Design Taman Ir. Soekarno Kabupaten Wonogiri
Kemudian Pembangunan Taman Rekreasi Keluarga dan Olahraga di Stadion Pringgodani Wonokarto. Stadion Pringgodani hingga hari ini belum termanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatan hanya untuk kegiatan upacara pengibaran bendera peringatan hari besar nasional dan event olahraga pelajar tingkat Kabupaten Wonogiri.


Taman ini memiliki konsep sebuah tempat yang bisa dimanfaatkan untuk rekreasi keluarga serta sarana olahraga dengan joggingtrack. Sebuah taman air mancur akan melengkapi taman ini dengan keindahan gerak air yang diatur sedemikian rupa. 
Taman Pringgodani
Taman Rekreasi Keluarga Dan Olahraga Pringgodani Wonokarto Wonogiri
Untuk merealisasikan semua program penataan Keindahan Taman Kota Wonogiri perlu dukungan semua pihak, baik eksekutif, legislatif dan seluruh komponen masyarakat. Harapan kita semua dengan revitalisasi taman kota akan menjadikan Kota Wonogiri lebih indah, rapi, aman dan nyaman. Semoga.

No comments:

Post a Comment