Monday, July 17, 2017

PRODUK KREATIF WONOGIRI : Karya Deling Indah Kerajinan Tangan Berbahan Bambu Asli Wonogiri

kerajinan bambu wonogiri
Karya Deling Indah Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri


Di era modernisasi sekarang ini, hampir seluruh peralatan pendukung kehidupan manusia terbuat dari plastik. Material plastik paling mudah dibentuk menjadi apa saja dalam skala industri besar. Mulai dari tas kresek hingga mobil semua dapat dipastikan ada material dari bahan plastik. Plastik ini jika tidak digunakan lagi akan menjadi sampah yang sulit terurai di tanah.


Seiring kesadaran untuk kembali ke alam, tren penggunaan peralatan dari bahan non plastik mulai meningkat. Penggunaan material yang mudah terurai utamanya dari alam yang mudah terurai, seperti kayu, rotan, bambu dan bahan alami lainnya. 


kerajinan bambu wonogiri
Uniknya Karya Deling Indah Kecamatan Manyaran


Di tangan Widiyatno warga RT 01 RW 06 Dusun Sidoharjo Desa Karanglor Kecamatan Manyaran, pohon bambu mampu dirubah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi.


Produk kerajinan bambu bahkan bisa lebih dari 50 jenis barang, yaitu piring, tempat buah, lampu hias, tempat tisu, serta aneka tempat serbaguna lainnya. Semua kerajinan ini terbuat dari bambu yang telah diolah hingga menjadi barang berkualitas tinggi.

Keunikan kerajinan ini begitu kental dengan melihat kerumitan anyaman bambu hingga menjadi sebuah produk yang bermanfaat. 
Lampu Hias Bambu Karya Deling Indah Kecamatan Manyaran

Lampu hias contohya, memiliki tampilan yang indah dengan bentuk yang klasik dan bisa dipadukan dengan teknologi terkini misal pakai lampu LED. Kesan klasik dan modern jelas bisa menjadi pemanis sudut ruang di rumah dengan gaya klasik.


Widiyatno bersama 20 warga Desa Karanglor sudah puluhan tahun menekuni pekerjaan sebagai pengrajin bambu. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp. 10 ribu hingga produk rumit seharga Rp. 300 ribuan. Pemasaran produk masih mengandalkan pesanan dari pengepul. Untuk memperluas jangkauan pemasaran, ia telah mengikuti pameran yang diadakan baik lokal maupun regional. Kendala utama memang pada proses pengerjaan yang masih mengandalkan cara tradisional sehingga hanya mampu berproduksi dalam skala rumah tangga.


Penasaran dengan produk Karya Deling Indah Kabupaten Wonogiri? Ayo Rame-Rame Pakai Produk Lokal Wonogiri!


No comments:

Post a Comment