Selasa, 21 Maret 2023

TRADISI MEGENGAN JELANG BULAN PUASA RAMADAN

Megengan adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa sebagai bagian dari persiapan menyambut bulan Ramadhan. Megengan sendiri berasal dari kata "mangan" yang dalam bahasa Jawa berarti makan.

Tradisi megengan biasanya dilakukan pada hari terakhir bulan Sya'ban, yaitu bulan sebelum Ramadhan. Pada hari tersebut, masyarakat Jawa biasanya mengadakan acara makan bersama dengan sajian-sajian khas, seperti nasi liwet, ayam goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

Tujuan dari tradisi megengan adalah untuk mengisi kekosongan di perut dan memberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang akan datang. Selain itu, tradisi ini juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara serta saling memaafkan.


Meskipun tradisi megengan sudah sangat kental dengan budaya Jawa, namun sebenarnya tradisi makan bersama sebelum Ramadhan juga dilakukan oleh masyarakat di daerah lain di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda, seperti kenduri, selametan, dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar