Kamis, 22 Juni 2017

KULINER KHAS DARI WONOGIRI : Lezatnya Menu Nila Bakar Khas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri



 
Menu Nila Bakar Khas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Bicara kuliner tidak akan ada habisnya. Banyak ragam menu masakan yang memanjakan lidah menggugah selera. Menu satu yang satu ini tentu tak asing lagi bagi masyarakat Wonogiri. Ikan Nila Bakar Khas Wonogiri yang gurih dan lezat.

Menu Nila Bakar dapat dijumpai di rumah makan sekitar obyek wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Ada puluhan warung atau rumah makan yang menyajikan menu Nila Bakar Khas Wonogiri, terutama di sepanjang jalan raya Desa Sendang arah Wonogiri menuju Pracimantoro. Rumah Makan Pak Glinding, Sari Raras, Moro Seneng, Bu Ari dan masih banyak yang lain, semuanya menyajikan menu Ikan Nila Bakar. 

Ikan Nila merupakan hasil budidaya di Waduk Gajah Mungkur yang memiliki tekstur daging yang empuk dengan sedikit duri didalamnya. Sehingga tidak menyulitkan ketika dimakan, tanpa kawatir terkena durinya. Selain daging yang empuk, ikan Nila kaya akan protein yang baik untuk kesehatan. Proses memasaknya pun cukup mudah, mulai dari membersihkan sisik, mencuci ikan dan membuang isi perutnya kemudian di goreng dengan minyak goreng yang cukup. 

Setelah matang, lumuri ikan dengan aneka bumbu dari rempah-rempah hingga merata. Jangan lupa beri kecap manis agar lebih manis dan sedap. Bakar ikan Nila dengan menggunakan arang. Sesekali lumuri ikan dengan bumbu lagi agar rasa gurihnya meresap sampai kedalam daging. Setelah dirasa cukup matang sajikan bersama nasi putih, lalapan sayur kobis atau daun pepaya dan irisan mentimun. Jangan lupa sajikan pula sambal pedas agar rasa lebih mantab. 

Menu Nila Bakar Khas Wonogiri telah menjadi ikon di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. Banyak sekali para pelancong yang mampir untuk menikmati sajian kuliner khas Wonogiri yang satu ini. 

Selain Nila Bakar masih banyak menu lain yang layak dicoba, seperti wader goreng, udang goreng, bothok ikan, nila goreng dan olahan lain berbahan baku ikan air tawar. 

Penasaran rasa Nila Bakar Khas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri? Ayo rame-rame neng Wonogiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar