Jumat, 23 Juni 2017

KULINER KHAS DARI WONOGIRI : Gethuk Manis Cita Rasa Klasik Menggugah Selera




gethuk
Gethuk Manis Wonogiri
Kabupaten Wonogiri memiliki potensi produksi ubi kayu yang cukup besar. Bagi masyarakat Wonogiri ubi kayu dapat diolah menjadi aneka menu yang khas dengan cita rasa klasik yang menggugah selera. 
Satu menu dari ubi kayu asli Wonogiri adalah Gethuk Manis. Makanan cukup familier di semua kalangan, dari orang dusun hingga warga kota karena rasanya yang lembut dan manis.  Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan bahan utama ubi kayu yang telah cukup umur, gula merah dan buah kelapa sebagai pelengkap sajian.


Ubi kayu di kupas dan dipotong menjadi bagian lebih kecil. Setelah dicuci bersih lalu dikukus hingga matang. Setelah itu, siapkan tempat dan alu (alat penumbuk) untuk menumbuk kukusan ubi kayu yang telah matang. Tumbuk secara perlahan hingga semua ubi kayu menjadi adonan lembut. Jangan lupa tambahkan gula merah yang telah diiris kecil-kecil dan tumbuk bersama adonan hingga semua tercampur merata. 


Setelah semua menjadi adonan yang lembut, tinggal di bentuk menjadi gulungan silinder memanjang. Sajikan dengan memotong menjadi bagian lebih kecil dan taburi dengan parutan kelapa muda. Gethuk Manis siap di cicipi dengan nikmatnya. 


Menu Gethuk Manis masih dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan resep juga tradisional tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya sehingga lebih sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar