Thursday, June 22, 2017

KULINER KHAS DARI WONOGIRI : SETAN KOBER Kuliner "Horor" Dari Desa Sumberagung Pracimantoro

jenang setan kober
Jenang Setan Kober Menu Khas Wonogiri


Kabupaten Wonogiri ternyata memiliki berbagai menu makanan khas yang berasal dari resep lokal. Menu unik ini memiliki bentuk dan rasa yang cukup lezat di lidah. Salah satu menu unik adalah Jenang “Setan Kober”. 
Dilihat dari nama Setan Kober sudah membuat kita penasaran, bagaimana rasanya. Makanan unik  satu ini merupakan hasil kreasi olahan warga Dusun Pakem Desa Sumberagung Kecamatan Pracimantoro. Asal mula nama Setan Kober yang terkesan horor ini berasal dari bahan baku  yang digunakan yaitu Senthe (Tales), Ketan, Kelapa, dan Beras. Setelah penulis mencicipi Jenang Setan Kober ini, rasa yang tersaji cukup manis dengan tekstur yang lembut. 



Seperti yang diungkapkan Warsi (48 tahun), anggota TP PKK Desa Sumberagung, makanan Setan Kober sebenarnya sudah ada beberapa tahun lalu dan sudah menjadi sajian khas saat acara rapat maupun hajatan warga.


Pembuatan makanan cukup sederhana yaitu, tahap pertama, kita terlebih dahulu menyiapkan bahan bakunya, yakni senthe alias tales yang sudah dikupas, cuci dan dihaluskan. Tambahkan bahan lain seperti tepung ketan, santan kelapa, tepung beras. Masak atau rebus dan aduk terus hingga matang. Untuk menghasilkan rasa manis, campurkan gula jawa cair kedalam adonan sesuai selera. Setelah adonan dingin,  bungkus dengan daun pisang atau kertas makanan.


“Menu Setan Kober dijual dengan harga terjangkau dan baru dipasarkan berdasarkan pesanan. Makanan ini hanya tahan 1-2 hari saja, karena dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman. “ terang ibu yang aktif sebagai anggota PKK ini.


Penasaran dengan Jenang Setan Kober? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!


No comments:

Post a Comment