Thursday, June 22, 2017

KULINER KHAS DARI WONOGIRI : Cabuk Wijen Si Pepes Hitam Dari Wonogiri

Cabuk Wonogiri
Cabuk Wonogiri Menu Khas Wonogiri


Cabuk Wijen merupakan salah satu menu khas dari Kabupaten Wonogiri. Cabuk Wijen semacam pepes berwarna hitam dengan rasa yang gurih, sedikit pedas dan sangat khas tiada duanya. Bagi masyarakat Wonogiri, Cabuk Wijen sudah menjadi menu favorit yang biasa sebagai tambahan lauk pauk. 


Untuk yang baru pertama melihat Cabuk Wijen, akan merasa aneh karena warnanya hitam dengan bentuk yang kurang menggugah selera. Akan tetapi bagi mereka yang sudah merasakan nikmatnya Cabuk Wijen akan selalu terbayang rasanya yang gurih dan nikmat.

Pembuatan Cabuk Wijen tergolong rumit dan memakan waktu lama. Bahan utama adalah biji wijen yang disangrai sampai matang. Untuk memperoleh warna hitam diperoleh dengan mencampur dengan daun pisang yang dibakar. 


Setelah disangrai matang, biji wijen ditumbuk sampai halus kemudian ditambahkan air dan diaduk rata. Setelah menjadi adonan lembek, dicampur dengan parutan kelapa muda, londo, garam, tumbukan bawang, gula jawa, daun kemangi, dan ada yang ditambah dengan cabe. 


Adonan yang telah tercampur rata dengan bahan lainnya lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Proses selanjutnya adalah dibakar dengan menggunakan arang kayu hingga berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau yang harum khas daun pisang. 


Cabuk Wijen dengan rasa dan aroma yang khas menambah ragam khasanah kuliner di Kabupaten Wonogiri dan Indonesia pada umumnya. 


Penasaran dengan rasa Cabuk Wijen Khas Wonogiri? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!


No comments:

Post a Comment