Rabu, 21 Juni 2017

Kuliner Khas Dari Wonogiri : Mie Ayam Es Asem Legenda Kuliner Anak Wonogiri



 
Mie Ayam Es Asem Wonogiri
Mie Ayam merupakan satu kuliner yang akrab bagi masyarakat Wonogiri. Selain murah meriah, rasa yang ditawarkan gurih dan menggugah selera. Salah satu legenda kuliner ini adalah Mie Ayam Es Asem. Letak warung makan Mie Ayam Es Asem di Lingkungan Salak sebelah utara SD Negeri 6 Wonogiri.


Bagi warga Wonogiri tentu tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Mie Ayam yang disajikan dengan minuman khas Es Asem, sehingga kuliner disini dikenal dengan nama Mie Ayam Es Asem. Minuman Es Asem disini sangat khas dan merupakan satu-satunya yang ada di Kota Wonogiri. Minuman yang berasal dari buah Asem yang didihaluskan dipadukan dengan gula pasir murni menjadikan rasa minuman ini segar untuk dinikmati.  


Mie Ayam Es Asem disajikan dengan bahan baku mie berbentuk pipih dengan olahan cacahan daging ayam dan sayur daun sawi hijau. Untuk menambah rasa biasa disediakan sambal pedas, kecap manis dan saus tomat. Paduan mie yang kenyal dan gurihnya kuah menjadikan Mie Ayam Es Asem digandrungi warga Wonogiri yang kebetulan ke Kota Wonogiri. 


Sempat berpindah tempat tak menjadikan kuliner ini kehilangan pelanggan. Bahkan bagi pelanggan sejak tahun 90-an, Mie Ayam Es Asem dijadikan tempat favorit untuk sekedar melepas lapar saat pulang sekolah atau saat berkunjung di Kota Wonogiri. Banyak diantara pelanggan menjadikan kuliner ini sebagai sajian saat reuni bersama teman-teman lama.   


Penasaran dengan Mie Ayam Es Asem Wonogiri? Ayo Rame-Rame Neng Wonogiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar